Pempek Ikan Gabus

By | October 3, 2018

Adonan pempek ikan gabus part I ini bisa digunakan untuk membuat pempek telur kecil, pempek kapal selam, pempek pistel, pempek lenjer (sesuai urutan gambar kiri ke kanan). Part I ini semuanya direbus.

Kali ini, saya belajar di Fangs Homeschool. 
Temen-temen kalo mau belajar masak bisa ke FHS, sila di follow akun instagramnya: fangshomeschool.

Disini resepnya menggunakan minyak goreng. Karena ikan gabus itu teksturnya (kami bilangnya) buyar gitu, jadi untuk melengketkannya pakailah minyak goreng. 
Untuk isiian pistel, saya share di resep setelah ini.

Bahan-bahan

  1. 250 gr daging giling ikan gabus
  2. 100 gr air
  3. 100 gr tepung sagu
  4. 8 gr garam
  5. 2 gr gula pasir
  6. 2 gr kaldu jamur
  7. 2 sdm minyak goreng
  8. 1 butir telur utuh
  9. 1 butir telur (dikocok)
  10. Secukupnya isiian pistel

Langkah

  1. Masukkan daging ikan ke dalam wadah, tambahkan minyak goreng. Aduk rata.  
  2. Masukkan air, aduk hingga rata.  
  3. Masukkan garam, gula, kaldu jamur. Aduk hingga benar-benar mengental.  
  4. Masukkan tepung sagu, aduk hingga rata.  
  5. Untuk pempek telur kecil, buat adonan bulat kecil terlebih dahulu. Lalu buat lubang tengahnya, isi dengan telur yang dikocok secukupnya. Tutup bagian atasnya, rapatkan agar isian telur tidak bocor.  
  6. Untuk pempek kapal selam, buat adonan bulat yang besar. Lalu buat lubang tengahnya, lebih dalam dari pempek telur kecil. Lalu, masukkan 1 butir telur utuh. Tutup atasnya, rapatkan, jangan sampai telurnya bocor.  
  7. Untuk pempek pistel, buat adonan buat adonan bulat kecil terlebih dahulu. Pipihkan adonan. Masukkan isian pistel, tutup adonan, rapatkan. Padatkan agar tidak ada udara di dalamnya, lalu bulatkan kembali. Jepit bagian atasnya, atas berbentuk (seperti gambar).  
  8. Untuk pempek lenjer, buat adonan bulat kecil terlebih dahulu. Lalu, diuleni hingga memanjang. Ukuran panjang dan ketebalan sesuai selera. Bisa gunakan tepung sagu, agar tidak terlalu lengket saat menguleni.  
  9. Rebus pempek di air mendidih hingga pempek mengapung. (Jika sudah mengapung, tandanya sudah matang. Untuk pempek kapal selam agak lama rebusnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *